3:28 am - Tuesday April 23, 2019

Persiapan Pembentukan Tim Futsal Bayangan PON XIX, AFD Riau Gelar Seleksi

560 Viewed Redaksi 0 respond

Untuk mempersiapkan tim yang solid di PON XIX 2016  mendatang, Asosiasi Futsal Daerah (AFD) Riau bergerak cepat. Pada 18 Januari mendatang akan menggelar seleksi tahap pertama pemain futsal  Riau.

Ketua Umum Asosiasi Futsal Daerah (AFD) Riau Agus Syamsir, mengaku ada  tiga zona yang akan digunakan sebagai tempat seleksi. ”Ya, berdasarkan rapat internal pengurus, 18 Januari nanti, AFD Riau akan mulai melakukan seleksi,” terang Agus Syamsir.

Dikatakannya, ada tiga zona yang sudah ditetapkan AFD Riau. Antara lain,   Zona I- akan digelar 18 Januari di Duri. Seleksi di zona I akan diikuti, Bengkalis, Dumai, Meranti,  Bengkalis dan Rohil.

Lalu zona II akan digelar 25 Januari di Kerinci Kabupaten  Pelalawan, diikuti  Inhu, Siak, Inhil, Kuansing dan  Pelalawan di GOR Tengku Pangeran. Dan terakhir Zona III akan digelar  1 Februari di Lapangan Futsal Grand Adebe, Bangkinang Di Kabupaten Kampar ini seleksi akan diikuti, Pekanbaru, Rohul dan Kampar.

Untuk penyeleksian atlet futsal ini AFD Riau membentuk panitia seleksi yang dikoordinir Purwoko. Dan disetiap zona akan dipantau pelatih yang telah ditetapkan saat rapat internal.

Mulai Senin (12/1) kata Agus Syamsir,  surat undangan sudah akan disebar ke klub-klub futsal. di Kabupaten/ Kota dan Asosiasi  PSSI Kabupaten/ Kota di Provinsi Riau.

Agus menambahkan untuk persyaratan pemain yang akan mengikuti seleksi sendiri adalah pemain kelahiran 1 Januari 1993,  mengacu persyaratan Porprov Riau 2014 lalu.

Ya, dari seleksi tahap pertama yang digelar ditiga zona ini akan dipilih sekitar 30 pemain futsal yang berkualitas untuk mengikuti seleksi tahap kedua pada 7 Februari. ”Seleksi yang kita gelar ini merupakan cikal bakal pembentukan tim futsal bayangan PON Riau,” jelas Agus.

Rencananya tim futsal bayangan PON Riau ini akan diturunkan di turnamen futsal Specs yang digelar di Rafhely Futsal Padang April mendatang.

Sebagaimana diketahui kepengurusan Asosiasi Futsal Daerah (AFD) Riau memang belum dikukuhkan, tapi bukan halangan untuk memulai pekerjaan lebih awal.

Rangkaian seleksi persiapan tim futsal Riau ini merupakan salah satu program kerja jangka pendek AFD Riau.

”Walaupun belum dikukuhkan, demi sebuah target , kita harus bekerja cepat. Mengingat kualifikasi Pra PON Futsal kemungkinan akan digelar Oktober mendatang,” beber Agus.

Ya, menjelang kejuaraan futsal di Padang, pengurus hanya memiliki waktu  103 hari melakukan persiapan. Rapat persiapan yang dipimpin Ketua Umum AFD Riau, Agus Syamsir  di Sekretariat AFD Riau Jalam Belimbing  hadiri sejumlah pengurus AFD Riau. Antara lain Wakil Ketua Umum Dian Sukheri,  Sekum Zulfan Isnaini, Bendahara Umum, Bidang Daerah Purwoko,  Bidang Kepelatihan Drs Abrar, Bidang Perwasitan Martin dan Rahadian Sami, serta pengurus lainnya. (***)

News Feed

Terpilih Secara Aklamasi, Syaukani Pimpin KONI Bengkalis

KONI Buka Peluang Atlet Junior Tampil di PON

Related posts